Minggu, 11 Desember 2011

Netiquette

Pada artikel sebelumnya tentu kita sudah mengerti dan mengetahui tentang apa itu arti dari netiquette yaitu adalah etika dalam berinternet yang seharusnya setiap kita para pengguna internet telah mengetahui dengan jelas apa itu etika dalam berinternet.

Dalam artikel kedua ini saya akan kembali memberikan bukti-bukti nyata dalam pelanggaran netiket yang telah diterapkan.Aturan-aturan dalam etika internet adalah antara lain :

1. Kita semua manusia, bahkan saat berada di Internet sekalipun.

Ingatkan orang lain jika melakukan flaming. Flaming adalah ketika seseorang atau sekelompok orang mengekspresikan hal‐hal negatif mengenai situasi tertentu. Alasan untuk mengingatkan orang yang melakukan hal ini adalah karena beberapa orang mungkin tidak tahu jika orang tersebut sedang melakukan flaming.
2. Ikuti aturan seperti di kehidupan nyata saat online.
Bersikap dan bertindak dengan selalu memperhatikan etika, dan jangan buru‐buru menyimpulkan sesuatu.
3. Ingatlah di mana berada ketika sedang online.
Netiquette bervariasi dari satu tempat ke tempat yang lain. Tidak semua orang mengikuti aturan yang sama.
4. Hormatilah orang lain ketika Anda sedang online.

Contoh Kasus :
- Kasus Ibnu dari Pulau Dewata,Bali

Kasus yang banyak mengundang perhatian banyak orang adalah seorang remaja yang berasal dari Pulau Dewara,Balu bernama Ibnu. Remaja non hindu ini menuliskan kalimat yang dinilai telah menghina hari raya Nyepi.




Setelah kasus ini merebak luas di jejaring sosial Facebook dan mendapat banyak perhatian masyarakat bahkan sampai Ibnu ini telah dituntut dan dibawa ke meja hijau.Namun akhirnya Ibnu meminta maaf pada seluruh rakyat Bali yang bergama Hindu melalui status yang ia post di wall nya.









-Kasus Penipuan indetitas 


Penipuan Indetitas kerap terjadi di jejaring sosial facebook.Salah satunya adalah Muhammad umar (32) warga kecamatan Jati Asih kota Bekasi,Jawa Barat melaporkan kasus penipuan indetitas kepada polisis setelah menikahi "wanita" yang selama ini ternyata adalah seorang pria yang bernama Rahmat Sulistyo yang mengaku menjadi Fransiska Anastasya.






































Sumber : www.google.com 













Tidak ada komentar:

Posting Komentar